Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

www.domainesia.com

5 Hal Penting Sebelum Memulai Gambar AutoCAD

5 hal penting sebelum memulai gambar autocad

Halo sobat sipil, selamat datang di konten #BagiJurus AutoCAD pertama saya, yang mana software ini sudah sangat umum digunakan oleh teman-teman teknik sipil dimanapun berada. Disini saya mencoba membagikan tips berdasarkan pengalaman saya selama mengoperasikan AutoCAD.

Mengatur Workspace dengan Tepat

Pengaturan workspace memudahkan kita dalam navigasi dan menemukan command list yang dibutuhkan dalam pengerjaan gambar. Autocad sendiri sudah menyediakan pengaturan default seperti Drafting & Annotation, 3D Basic, 3D Modeling dan favorit saya Autocad Classic .

pengaturan workspace autocad
Workspace autocad

Jadi sebelum memulai project alangkah baiknya workspace disesuaikan dengan kebutuhan project yang sedang dikerjakan. Kamu juga bisa membuat sendiri workspace versi kamu dengan melakukan beberapa pengaturan posisi toolbar cukup dengan Drag & Move keposisi yang dikehendaki. Lalu pilih Save Current As, taraaa...

pengaturan workspace autocad
Workspace autocad

Mudah bukan? jadi saat membuka file baru kamu bisa beralih workspace satu ke workspace lainnya sesuai kebutuhan project yang dikerjakan. Oh iya, jika pada layar kamu belum tampil Command Workspace, kamu bisa menampilkannya dengan Klik Kanan pada Menu Bar diatas atau mengetiknya di Command Line Window .

Mengatur Drawing Units

Selanjutnya adalah mengatur drawing units yang mana pengaturan ini membuat kita lebih rapih dan konsisten dalam setiap project. Hal ini juga memudahkan kita saat bekerja dalam tim, apalagi saat menggunakan Dinamic Block & Exref.


mengatur drawing units autocad
Drawing units autocad

Cara menampilkan Klik Format > Units atau gunakan shortcut Un+Enter

Selain itu juga terdapat informasi yang dibutuhkan oleh pengguna lainnya. Jadi pastikan kamu sudah mengaturnya sebelum memulai gambar autocad.

Menentukan Object Units yang Konsisten

Object units bukanlah sebuah command list namun acuan satuan gambar kerja yang digunakan. Misalnya kita mau mengambar garis dengan panjang 1 meter, kita bisa tentukan angka yang kita masukan itu apakah :

  • 1 untuk 1 meter, artinya satuannya dalam meter (m)
  • 100 untuk 1 meter, artinya satuannya dalam centimeter (cm)
  • 1000 untuk 1 meter, artinya satuan dalam milimeter (mm)

menentukan object units autocad
Object units autocad

Pastikan satuan ini konsisten dalam satu project supaya tidak rancu dan penyesuaian lagi antara object gambar satu dengan yang lainnya.

Catatan : umumnya sering terjadi perbedaan satuan yang digunakan antara Arsitek yang biasa menggunakan satuan milimeter (mm) dan Engineer biasa menggunakan satuan meter (m).

Pengaturan Layer Lebih Mudah Identifikasi

Buat hidupmu lebih berwarna, eh...

Maksudnya buat gambarmu lebih berwarna, menarik dan mudah diidentifikasi dengan menggunakan layer. Tentunya secara kasat mata akan mudah mengidentifikasi suatu object menggunakan warna atau bisa ditambahkan juga linetype (optional).


pengaturan layer autocad
Layer autocad

Contoh saat sudah diaplikasikan pada sebuah object gambar bisa dilihat pada gambar di bawah ini. 

pengaturan layer pada denah autocad
Denah dengan layer

Kita akan jadi lebih mudah mengetahui bahwa garis berwarna cyan adalah garis dinding, kolom berwarna biru, kusen berwarna hijau dan as dinding berwarna merah. Selain itu nanti pada proses eksekusi ploting gambar akan lebih mudah dalam membuat plot style untuk mengatur ketebalan garis dan jenis garis sesuai warna layernya.

Checklist Dimension yang Dibutuhkan

Dimension yang saya tahu standarnya adalah kelipatan 10, 20 dan 50 dst. Jadi untuk dimension diluar itu sifatnya conditional. Jadi nanti list-nya sebagai berikut :
  • 1:10
  • 1:20
  • 1:50
Hasilnya saat input ke Dimension Style Manager adalah sebagai berikut :

Dimension style manager

Kenapa skala 1:20 saya tulis menjadi 1-20 dikarenakan dimension style manager tidak support karakter seperti  ":" (tanda titik dua)

Nah itu dia  dan semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman teknik sipil dalam mengembangkan kemampuan dalam mengoperasikan software AutoCAD.
Dewangga Setiawan
Dewangga Setiawan Civil Engineer by Exp & Degree | Blogger by Passion

Posting Komentar untuk "5 Hal Penting Sebelum Memulai Gambar AutoCAD"